-->
Group description=

Font Colour

COLOUR CHANGER

default=

Kamis, 08 Desember 2011

MEMBUAT EFEK STABILO

;
Oke, kali ini Bloggertrik akan membagikan trik blog, yaitu cara membuat efek stabilo pada tulisan.

Langsung saja Bloggertrik akan memberikan contohnya dibawah ini:


Nah, ini yang dinamakan efek stabilo

Untuk membuatnya sangat mudah tinggal copy saja kodenya di bawah ini:

<span style="background-color: yellow;">Nah, ini yang dinamakan efek stabilo</span>
Nah, ini yang dinamakan efek stabilo


Efek stabilo ini bisa digunakan untuk menandai tulisan/ text yang dirasa penting di dalam artikel yang anda buat.

Silahkan diterapkan di blog..
MATUR NUWUN..
sumber

»»  READMORE...
...IMAM SANTOS SALADIN AL GHAZI ZAT ZIT ZUT...

FUNGSI VLOOKUP & HLOOKUP

;
Fungsi Vlookup dan Hlookup Excel digunakan untuk membaca suatu tabel. Menggunakan rumus vlookup untuk membaca tabel secara vertikal ( atas – bawah ). Sedang rumus hlookup digunakan untuk membaca tabel secara horisontal ( kanan – kiri ). Berikut ini tutorial mengenal dan menggunakan rumus vlookup dan hlookup Excel, baik Office 2003 maupun 2007.

Sebelum dilanjutkan, belajar Excel prinsipnya agar cepat bisa memahami struktur rumus-rumus harus latihan langsung, mencoba dan terus mencoba. Karena kalau hanya mengetahui pengertian saja itu belum cukup, pokonya harus praktik langsung. Maka pada artikel ini, saya hanya memberi contoh dasar-dasarnya, supaya mudah dipahami bagi yang baru mulai belajar Excel.
Rumus VLOOKUP Excel

Rumus vlookup susunannya (sintak) sebagai berikut :

=VLOOKUP(nilai_dicari,table,nomor_kolom)

Langsung dipraktikkan, buatlah tabel seperti gambar di bawah ini!


Pada gambar di atas ada dua tabel, sebutlah tabel kiri dan kanan ya…
Tabel sebelah kiri merupakan tabel yang dibaca. Sebagai contoh mengenai status kehadiran. Tabel kiri ini sebagai rujukan kriteria yang akan dipakai pada tabel kanan. Jika seseorang kehadirannya cuma sekali, maka disebut “malas“. Hadir dua kali disebut “lumayan“. Bisa hadir tiga kali maka termasuk “rajin“.

Sekarang pada tabel kanan, di sel F2 masukkan rumus :

=VLOOKUP(E3,$A$2:$B$4,2)

Keterangan :
E3 adalah nilai yang dicari. Akan mencari nilai yang sama pada tabel kiri.
$A$2:$B$4 adalah tabel yang dicari (tabel kiri)
2 adalah nomor kolom yang dicari pada tabel kiri.

Kemudian copy-paste rumus di atas ke sel di bawahnya. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Silahkan di ganti-ganti angka pada kolom E yang berwarna kuning. Maka kolom F akan berganti katanya sesuai dengan tabel kiri.

Secara sederhananya rumus vlookup Excel seperti di atas. Anda dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.
Rumus HLOOKUP Excel

Rumus hlookup susunannya (sintak) sebagai berikut :

=HLOOKUP(nilai_dicari,table,nomor_baris)

Langsung praktik, buatlah tabel seperti di bawah ini :


Keterangan :
Baris 2, dengan kolom warna agak gelap merupakan angka-angka yang menjadi rujukan untuk kolom. Angka-angka ini harus ada (angka pembantu rumus hlookup yang wajib ada).

Selanjutnya pada sel I5 seperti dalam gambar, isi dengan rumus :

=HLOOKUP(B5,$B$2:$F$8,3)

B5 adalah nilai yang dicari
$B$2:$F$8 adalah tabel yang dicari
3 adalah nomor baris dihitung dari atas bagian tabel (bukan sheet Excel)

Selanjutnya copy-paste ke sel-sel di bawahnya.
Kemudian pada kolom J5, masukkan rumus di bawah ini :

=HLOOKUP(B5,$B$2:$F$8,4)

Perubahan ada pada nomor baris. Pada kolom K5 berarti nomor baris dengan angka 5. Dan seterusnya…. Maka tabelnya menjadi seperti gambar di bawah ini.


http://fahrurrozi.com/wp-content/uploads/2011/04/hlookup-excel.gif


Khusus rumus HLOOKUP saya sendiri jarang memakai, tetapi tetap perlu tahu, siapa tahu suatu saat membutuhkan.
Karena fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP terbatas membaca tabel secara vertikal atau horisontal, bisa diatasi dengan fungsi lain, yaitu rumus INDEX dan MATCH. Akan dibahas pada artikel yang berbeda.

Demikian tutorial di blog ini tentang cara membuat dan menggunakan rumus vlookup dan hlookup Office Excel. Semoga bermanfa’at. Rumus ini bisa dikombinasikan dengan IF, OR, AND.
»»  READMORE...
...IMAM SANTOS SALADIN AL GHAZI ZAT ZIT ZUT...

RUMUS FUNGSI IF PADA EXCEL

;
Cara menggunakan fungsi/rumus IF di sheet Excel dan melalui macro (Visual Basic Editor). Rumus logika if secara sederhana merupakan sebuah fungsi untuk melihat suatu pernyataan dengan syarat-syarat tertentu. Daripada pusing membuat definisinya, lebih baik langsung praktik cara menggunakan rumus if dalam Office Excel, baik melalui sheet maupun macro. Karena lebih mudah langsung parktik dari pada dijelaskan secara abstrak. Berikut tutorialnya.

Sebelum praktik dalam cara menggunakan fungsi if, hal yang perlu diperhatikan adalah setting Windows yang terinstal di komputer/laptop (emang bisa di tempat lain ). Silahkan membaca dulu, nanti kembali ke sini lagi ya… janji lho. Dalam tutorial praktik ini saya memakai setting Windows standar, yaitu Inggris. Mau pakai yang EN-US atau EN-UK sama saja, pokoknya diantara dua itu. Kalau ga mau merubah, silahkan menyesuaikan dengan mengganti karakter “,” menjadi “;”

Dengan mengetahui sedikit tentang penggunaan if pada Excel, akan sangat membantu pekerjaan. Program Pengolah Nilai yang saya buat mayoritas menggunakan if, karena lebih mudah bisa diputar-puter sesuai keinginan dan kebutuhan. Maka tidak akan rugi jika bisa menerapkan fungsi if Excel ini.
Fungsi logika IF

Fungsi logika tentunya sudah pada tahu sejak sekolah SD, antara lain

= sama dengan
> lebih besar
>= lebih besar sama dengan
< lebih kecil <= lebih kecil sama dengan <> tidak sama dengan

Perhatikan struktur rumus if dibawah ini

=if(logika,TRUE/benar,FALSE/salah)
=if(10>0,”benar”,”salah”)
hasilnya benar

Struktur di atas pada contoh baris ke-2 cara membacanya, jika 10 lebih besar dari 0, maka diisi benar, kalau tidak berarti diisi salah
Silahkan dicopy paste ke Excel rumus baris 2 tersebut
Tanda “>” bisa diganti-ganti dengan <, <>, =, >= dan lain-lain

Jangan lupa dihapalkan: jika logika….. maka….., kalau tidak…..
Rumus IF Excel dasar



Gambar satu

Tabel pertama. Isilah angka pada kolom A dan B seperti di gambar, kemudian pada sel C1 isi dengan rumus

=IF(A1>5,A1+B1,A1*B1)

Copy sel C1 yang berisi rumus if tesebut ke bawah sampai sel C3, maka hasilnya seperti dalam gambar satu.
Dari rumus di atas kalau di baca, jika sel A1 lebih besar dari 5, maka diisi A1+B1, kalau tidak diisi A1*B1
Silahkan di ganti pada kolom warna kuning dengan angka antara 0-9, perhatikan perubahan pada kolom C

Tabel kedua. Isilah pada sel C6 sampai C8 dengan rumus

=IF(A6=”",B6,A6*B6)

Ket: tanda “” artinya kosong, atau sel tidak ada datanya.
Rumus if tersebut membacanya: jika sel A6 sama dengan kosong, maka diisi sel B6, kalau tidak maka diisi A6*B6
Cobalah pada kolom warna hijau dengan mengganti angkanya atau dihapus. Perhatikan perubahan pada kolom C

Tabel ketiga. Isilah pada sel C11 sampai C13 dengan rumus

=IF(A11=”",”",A11*B11)

Membacanya : jika sel A11 sama dengan kosong, maka dikosongkan, kalau tidak maka A11*B11
Rumus IF Excel bertingkat


Tabel pertama. Perhatikan dan buatlah tabel seperti pada kolom A dan B seperti gambar di bawah ini:

Isi pada sel C2 (di bawah warna kuning) dengan rumus sebagai berikut:

=IF(C1=1,A1+B1,IF(C1=2,A2+B2,A3+B3))

Gantilah pada sel C1 (warna kuning) dengan angka 1 s/d 4. Maka sel di bawahnya akan berubah.
Rumus ini bertingkat (majemuk), untuk lebih memahami strukturnya, maka dibaca
Jika sel C1 (kolom kuning) sama dengan 1, maka diisi A1+B1
jika sel kuning sama dengan 2, maka diisi A2+B2
kalau tidak maka diisi A3+B3

Tabel kedua. Isilah pada sel C6 dengan rumus if

=IF(C5=”",”",IF(C5=1,A5+B5,IF(C5=2,A6+B6,A7+B7)))

Rumus sama yang tabel pertama, cuma ditambahi ekspresi logika jika sel C5 kosong, maka diisi kosong
Jika sel C5 (kolom kuning) sama dengan 1, maka diisi A5+B5
jika sel kuning sama dengan 2, maka diisi A6+B6
kalau tidak maka diisi A7+B7

Tabel ketiga. Isikan pada sel C9 rumus if di bawah ini

=IF(C9=”",”",IF(C9=”office”,A9+B9,IF(C9=”excel“,A10*B10,A11*B11)))

Formula ini sama contoh tabel kedua. Perbedaannya pada nilai TRUE dan FALSE yang diganti dengan kata. Gantilah pada kolom kuning dengan kata “excel” atau “office” atau hapuslah. PERHATIKAN perubahannya.

Yang perlu diperhatikan, jumlah kurung buka dan tutup harus sama. Dan rumus if bertingkat bisa banyak tingkat, boleh dikatakan samapi bertingkat-tingkat, atau tumpuk undung (jawa)
Cara mengaktifkan macro Excel

Untuk bisa menjalankan macro Excel, maka security Excel harus dinonaktifkan dulu, baru deh bisa mencoba-coba membuat if lewat macro. Untuk mengaktifkan macro Excel, langkahnya
Mengaktifkan macro Office Excel 2007
Klik Office Button, pilih Office Option (paling bawah), kemudian klik tombol Trust center.
Selanjutnya Trust center settings… Pilih Macro settings
Centang Enable all macros (not recomended…. (paling bawah)
Klik Ok, Ok, tutup Excel dan buka lagi, selesai.
Mengaktifkan macro Office Excel 2003
Dari Menubar pilih Tools, Macro, pilih Security….
Pilih Low (not recomended) yang paling bawah
Klik OK, Excel tutup dulu baru buka lagi.
Rumus IF dalam Macro Excel

Agar tidak terlalu panjang artikelnya, langsung to the point saja ya, silahkan dimodifikasi, yang penting dasar-dasarnya bisa dimengerti. Masuk ke VBE Excel yuk, biar cepat tekan Alt+F11 pada keyboard. Selanjutnya dari Menubar, klik Insert, pilih Module. Struktur rumus IF melalui macro sebagai berikut

Sub IF_dasar()
If logika Then

True/benar

Else
False/salah

End If

End Sub

Ketiklah dalam Module 1 kode di bawah ini

Sub coba1()

If Range(“A1″) = 1 Then

Range(“B1″).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = 100

Else
Range(“B1″).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = “Salah/False”

End If

End Sub

Keterangan: Jika sel A1=1, maka sel B1 diisi 100, kalau tidak maka diisi Salah/FALSE

Untuk menjalankan, pastikan kursor berada dalam kode macro di atas, kemudian tekan F5. Silahkan lihat pada sheet Excel hasilnya.

Rumus IF bertingkat lewat macro Excel

Sub coba2()

If Range(“A5″) = 1 Then

Range(“B5″).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = 100

Else

If Range(“A5″) = 2 Then

Range(“B5″).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = 200

Else
Range(“B5″).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = “Office Excel”

End If

End If

End Sub

Struktur IF bertingkat lewat macro ini bisa di ganti dengan Select Case, lebih efisien dan mudah dipahami. Kayaknya tidak bisa sekalian dikupas pada artikel ini, lha ternyata membuat tutorial rumus IF Excel lebih rumit daripada membuat Propenil

Dalam pembuatan Program Pengolah Nilai sekolah saya juga banyak menggunakan rumus if. Variable FALSE dan TRUE bisa diisi dengan rumus, AND, OR, VLOOKUP dan lain-lain.

Demikian tutorial cara membuat rumus IF di sheet Excel dan lewat macro. Semoga tidak terlalu panjang. Silahkan download rumus IF Excel dan macro (ZIP 11.7KB). Semoga bermanfa’at,
»»  READMORE...
...IMAM SANTOS SALADIN AL GHAZI ZAT ZIT ZUT...
description=